BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 20 Januari 2010

The SIGIT Paling Ditunggu


Malam itu, di AACC, ketika MC Ringgo dan Vecky menyebutkan nama The SIGIT, respon histeris selalu tercipta dari kerumunan anak-anak indie. Waktu Rekti sang vokalis tampil sendirian di Ciwalk juga penonton bersorak sambil meneriakan nama The SIGIT. Belum lagi ketika Rekti tampil bersama Mocca di awal show di AACC. Saat itu, Mocca yang seharusnya dapat jatah tampil malah harus menghadapi ratusan anakl indie yang berteriak “SIGIT.. SIGIT.. SIGIT..” Begitu Rekti muncul dengan menggendong gitar di sebelah Arini, si vokalis Mocca.

The SIGIT, yang bukan nama orang namun merupakan singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent, adalah band yang memang paling di tunggu oleh sebagian besar komunitas indie yang hadir dalam acara Launching Album Kompilasi LA Lights Indiefest 2006 itu. Band yang pertama kali mengeluarkan single di tahun 2004 ini tergolong cepat melesat dalam scene musik indie di Bandung. Begitu single perama mereka Soul Sister dimainkan di radio Bandung, animo komunitas indie terhadap band ini melesat tinggi.

Band yang beranggotakan Farri (gitar), Acil (drum), Adit (bass), dan Rekti (vocal/gitar) ini adalah salah satu dari banyak band yang muncul jauh setelah kepopuleran garage rock terbangun. Rock n Roll adalah aliran yang dipilih oleh band ini walaupun sekarang kepopulerannya tidak sebesar tahun 70an dimana band-band Rock n Roll yang juga menjadi inspirasi The SIGIT seperti Led Zeppelin, Liverpool, T-rex, Lynyrd Skynyd, The Rollis, dan David Bowie.

Pada penampilan The SIGIT malam itu di AACC juga terlihat warna dari band-band 70an tersebut. Walaupun begitu, The SIGIT masih bisa menyajikan musik mereka dengan karakternya sendiri. Menjadi insparsi bukan berarti meniru. Itu lah yang berhasil dibuktikan oleh The SIGIT. Tak heran bila ratusan anak indie yang hadir di AACC malam itu baik di dalam maupun di luar menyambut The SIGIT dengan antusiasme yang luar biasa. Orisinalitas mereka memang pantas mendapat sambutan seperti itu.

http://www.lalightsindiefest.com/music.php?newsID=254

Review Album The S.I.G.I.T

Jika kamu mencari representasi rock n’ roll di masa sekarang yang bisa membawa nafas-nafas dari Deep Purple, Led Zeppelin, Ac/Dc, Black Sabbath dan para heavy metaller gondrong berkumis dari 3-4 dekade lalu.maka saya mungkin akan mengajukan Wolfmother…


Hmm, maaf-maaf… kita lagi bicara soal motherfucker from hell named Indonesia. The Super Insurgent Group Of Intemperance Talent (the SIGIT). Pada masa awalnya mereka selalu diasosiasikan dengan The Datsuns yang emang lagi ngetop pada masa itu (sekitar 2000-an awal). Hanya saja karena pada kenyataannya mereka memiliki groove yang menurut banyak orang lebih baik daripada si anak muda The Datsuns, maka mereka memperoleh banyak pujian bagi penampilan live mereka yang atraktif dan juga demo kasar yang sempat tersebar dimana-mana.

Membalas dendam EP mereka yang mendem dan cuma berbentuk kaset dimasukin karton beberapa tahun yang lalu, sebuah CD berpackaging mewah hadir dihadapan kita dan berpeluang menjadi klasik. Ya benar, menjadi klasik. Sebuah CD yang bisa diwariskan ke anak/cucu kalian (jika mereka juga rock n roll seperti bapak/ibunya).

Berisikan “Nowhere End” backing vocalnya Jamie Aditya, bluesy funk yang menarik dan cukup nyaman didengarkan, sampai kegaresifan dari “Clove Doper”

Album ini memiliki sound yang berkarakter, dengan referensi distorsi heavy metal klasik, dan ambience mastering hampir semodel dengan Wolfmother. Sebenarnya hampir sempurna, dengan sedikit memainkan equalizer dikit, mungkin kalian bisa membayangkan bagaimana kira-kira orang tua kalian pada masa mudanya mendengarkan musik rock semacam Deep Purple atau AKA.

Dan saya rasa sebagian besar dari kamu akan sependapat menjadikan album ini menjadi rilisan terbaik tahun ini. Sayapun tidak akan memberi pendapat berbeda, karena terus terang sayapun berpendapat album ini adalah salah satu rilisan rock terbaik tahun 2007. Dengan olahan sound engineering yang sangat baik, musik rock n roll yang memang oke, dan attitude yang cocok mereka dapat juga menembus pasar benua lain.

Maka itu untuk kamu yang memiliki pendapat berbeda silahkan kembali mendengarkan album Jet sambil tepuk tangan. Atau buat kamu yang gondrong boleh tapping bersama Rici Sambora bori.

Dan untuk kamu yang keren dan trendy rock n roll ayo kita bareng bareng mendengarkan Wolfmother. uups salah maksud saya the Datsuns… maap…maap salah lagi the Sigit maksudnya.

http://deathrockstar.info/visible-ideas-of-perfection-the-sigit/

Slononk_Boi

bErDiri SeJak TahUn .. masih baru koq,, awal tahun 2007.. TaPi tau DaH kApan taNggalNya.. lUpe Lagi,, aH caPe NuLis GeDe kCiL GedE KeCil...... lanjut....heheheh, yah pertamanya c kita cuma anak2 yang se tongkrongan... ngomongin soal GRAFITTY, PUNK, and ANYTHINGS, coz salah satu dari persionel kita ada BOMBER lHo.. alias tukang bikin Grafitty di Jalanan, iseng corat coret, yah daripada corat coret kagak jelas mending bikin kayak gituan bener gak!! OK now kita Gak usah permasalahin dah soal kayak begituan mah, iye gaK?? Jadi, dulu kita punya Idola (ceilah Idola) band PUNK kayak SUPERMAN is DEAD, NOFX, RUFIO, Blink 182, RAMONES, and etc band PUNK, Underground in the WORLD,, pertama pertama kita Latihan Band nyanyi2in lagu orang c'... lagunye SID kebanyakan, yah di selingi lagu THE SIGIT, THE BRANDALS and Blink 182, But.. sekarang kita lebih milih wat bawain Lagu Sendiri, yaah walaupun kagak bagus2 amat,, yang penting SEMANGATnyalah.. OKE!! SPIRIT OF PUNK.... heheheh keren juga tuw kata2,, Oiye Band kite terdiri atas:
1. Reza (Echa) as penggebuk pantat ... Eh Drum
2. Ade (BadaX) as Pembetot kutang .... hehehe sory de,..pembetot Bass
3. Ebby (Rintix) as Lead Guitar, and
4. Gina (GiN) as Guitar and Vocal.. AND PLEASE WELCOME WE'RE IS SLONONK_BOI For more information and contact: (being friend) 085714210262 ( Echa_boi ) 08561116780 ( D_luV_boi) Regards

http://www.myspace.com/slononkboikocakS



Selasa, 19 Januari 2010

Awal terbentuknya Red Hot Chili Pappers

Red Hot Chili Peppers (mulanya Tony Flow and the Miraculously Majestic Masters of Mayhem) didirikan pada 1983 oleh alumni Fairfax High School Michael "Flea" Balzary (bass), Anthony Kiedis (vocals), Jack Irons (drums), dan Hillel Slovak (guitar) mulanya hanya untuk 1 kali pentas. Setelah menjadi terkenal di Los Angeles, mereka menandatangani kontrak rekaman dengan EMI.
Irons dan Slovak menganggap band tersebut sebagai proyek sampingan, dan meninggalkan RHCP sebelum album perdana mereka untuk menekuni band asal mereka What Is This?. Album Red Hot Chili Peppers diterbitkan pada 1984 dan direkam dengan Jack Sherman pada gitar dan Cliff Martinéz pada drums dan produser Andy Gill dari Gang of Four namun tidak berhasil secara penjualan. Karena pertengkaran dalam tur, Sherman hengkang dan Slovak masuk kembali.
George Clinton dari Parliament-Funkadelic menjadi produser album kedua mereka Freaky Styley pada 1985. Martinéz dipecat setelah album ini keluar dan Jack Irons bergabung kembali pada 1986. Pada saat ini mereka mulai menggunakan narkotika.
Album mereka selanjutnya, yang masuk ke Billboard Top 200, adalah The Uplift Mofo Party Plan pada 1988 dengan produser Michael Beinhorn. Ini adalah satu-satunya album dengan keempat anggota awal. Dalam tur, Slovak semakin kecanduan obat-obatan dan ia akhirnya overdosis heroin pada 25 Juni 1988 dalam sebuah tur di Eropa. Jack Irons kembali cabut dan bergabung dengan Pearl Jam dan Eleven.
Setelah pengganti sementara drummer Dead Kennedys D.H. Peligro dan mantan gitaris P-Funk DeWayne "Blackbyrd" McKnight, mereka akhirnya menemukan Chad Smith dan John Frusciante untuk merekam album selanjutnya, Mother's Milk, yang diterbitkan pada Agustus 1989. Album ini mencapai #52 di AS, yang tertinggi bagi mereka saat itu.
Pada 1990 mereka pindah ke Warner Brothers Records. Rick Rubin menjadi produser album kelima mereka Blood Sugar Sex Magik, yang menghasilkan banyak hit dan terjual 7 juta keping di AS. Single "Give it Away" memenangkan Grammy award pada 1992 untuk "Best Hard Rock Performance With Vocal", dan single-single lainnya adalah "Breaking the Girl", "Suck My Kiss", dan "Under the Bridge". Blood Sugar Sex Magik masuk ke nomor 310 dalam daftar Rolling Stone magazine The 500 Greatest Albums of All Time, dan pada 1992 mencapai # 3 di AS.
Masalah obat-obatan kembali menghadang mereka dan Frusciante keluar dari band pada Mei 1992. Setelah menggantikannya dengan Arik Marshall dan Jesse Tobias dari Mother Tongue, mantan gitaris Jane's Addiction Dave Navarro digaet untuk merekam album One Hot Minute. Album ini juga terjual 5 juta keping dan bertahan di tangga album selama 55 minggu.
Setelah Navarro dipecat pada 1997, John Frusciante kembali dan mereka merekam Californication. Album ini lebih berhasil daripada BSSM dan terjual 15 juta keping. Lagu-lagu hit dari album ini adalah "Scar Tissue", "Otherside", dan "Californication". Pada 2001 mereka menerbitkan By the Way pada 9 Juli 2002. Album ini terjual 700.000 keping pada minggu pertama dan menghasilkan lagu-lagu hit "By the Way", "The Zephyr Song", "Can't Stop", "Dosed", dan "Universally Speaking".
Mereka merekam dua lagu baru "Fortune Faded" dan "Save the Population" untuk album Greatest Hits dan pada 2004 album live mereka yang pertama , Live in Hyde Park. Pada tahun 2006 mereka mengeluarkan Stadium Arcadium yang merupakan album ganda.

http://id.wikipedia.org/wiki/Red_Hot_Chili_Peppers

The Brandals

Awal berdiri tahun 1999, dengan formasi awalnya adalah Rully, Bayu, Tonny, Doddy, dan Edo sebagai Vokalis. Sempat vakum sepanjang tahun 2000 karena kesibukan masing-masing personil. Pertengahan 2001 kembali aktif dan berhasil merekam 2 single di tahun 2002, namun setelah itu Edo mengundurkan diri dan digantikan oleh Eka.

Format musik mengambil referensi Rock ‘N Roll dari decade ‘60 & ‘70-an. Band serta musisi Elvis Presley, David Bowie, Velvet Undergound, The Stooges, The Rolling Stones dan The Clash sedikit banyak mempengaruhi cara penulisan lagu serta penampilan panggung.

Konsep nama The Brandals terinspirasi dari kecenderungan pola tingkah laku masa puber remaja yang bebas, tidak tunduk pada aturan serta didorong oleh semangat pemberontakan pada kemapanan dan otorita. Begitupun dengan konseptual musik The Brandals yang memang dibuat untuk soundtrack tema masa puber remaja tadi. Karena pada dasarnya, setiap orang pasti melalui fase tahap tersebut dan tidak akan pernah lupa seumur hidupnya.

Perkembangan The Brandals sepanjang tahun 2003 dan awal 2004 pada media cetak, radio,dan televisi antara lain : The Brandals berhasil menduduki posisi chart pada tangga lagu pertama di radio : I-radio 89,7 fm Jakarta, Prambors 102,3 fm,Jakarta, MTV On sky 101,6 fm, Jakarta, selama beberapa minggu, selain itu juga menjadi guest interview pada radio-radio tersebut,seperti di radio MTV on Sky untuk MTV cutting Edge, M 97 fm untuk Spirit Of Rock.

Pada Media Televisi , yaitu MTV Indonesia-Global TV, The Brandals menjadi MTV Eksklusive Artis untuk bulan Februari 2004 di MTV Indonesia-Global TV,begitu juga dengan video klip The Brandals yang pertama pada lagu Lingkar Labirin yang dibuat oleh the jadugar telah di putar.Menyusul klip dari single ke-2 dari lagu Hati Emosi, telah diputar di MTV Gress pada pertengahan bulan july 2004, juga pada MTV non-stop hits selama bulan agustus-september, dan pada bulan berikutnya akan diputar untuk klip ke-3 pada lagu 100KM/Jam.

Pada Media cetak The Brandals sempat menjadi Cover untuk Ripple magazine, melakukan interview pada majalah POSTER, Gadis, Kawanku, Hai, MTV Trax dan juga Seventeen, FHM, Djakarta mags, Female etc.Selain itu juga The Brandals masuk untuk rubrik fashion dan mode karena dianggap sebagai salah satu trendsetter pada fashion on music.


PROFILE

Eka Annash (Vocal)
21 April 1976
Bacelor of fine art, New South Wales University Sydney, Australia
Vokalis Waiting Room sejak tahun 1994 sampai 1999
Graphic Designer, Publisher, Event Organizer, Art Director untuk Cosmic Production, Reporter/ Produser untuk MTV On Sky 101.6 fm
Creative Concept Metropolis Production,
Graphic desainer untuk Ogilvy Advertising

Rully Annash (Drum)
15 Agustus 1977
D-III Sekolah Tinggi Manajemen Transport Trisakti, Jakarta
Drummer Brown Sugar sejak tahun 1997 sampai 1999
Managing Director untruk Cosmic clothing, Producing The Brandals clothing

Mochammad Bayu Indrasoewarman (Lead Guitar)
16 Februari 1978
Universitas Persada Indonesia YAI jurusan Tehnik Informatika D-III
Gitarist Brown Sugar sejak tahun 1997 sampai 1999
Producing The Brandals Clothing and merchandising

Tonny Dwi Setiaji (Rhtyhm Guitar)
31 oktober 1979
D-III Manajemen Informatika Universitas Gunadarma
Vocalist Underwear tahun 1997-1999, dan Antiklimaks tahun 2000-2001
a.k.s.a.r.a Bookstore employee, a.k.s.a.r.a Record Label, Soap magazine model

Doddy Widyono (Bass)
23 januari 1981
Universitas Trisakti jurusan Arsitektur Landscape
Bassist Underwear sejak tahun 1997 sampai 1999

Goodnight Electric


Goodnight Electric adalah sebuah poyek musik studio. Berawal pada akhir tahun 2003 dengan komputer di sebuah kantor organisasi senirupa, ruangrupa. Henry Foundation mulai merekam beberapa materi untuk proyek yang hanya memang untuk direkam, tanpa ada konsep “live performance”. Materi yang seharusnya selesai dan dirilis bulan Februari 2004 ini mundur karena beberapa hal. Proyek ini nyaris gagal hingga Henry Foundation membuka kembali file-file materi lama dan mencoba merampungkannya pada bulan Oktober dengan beberapa tambahan materi baru dan fix dengan 9 materi untuk proyek ini dengan “Love and Turbo Action” sebagai judul album perdananya. Proyek ini juga menyertakan Rebecca Theodora, mantan backing vocal The Upstairs, Rumah Sakit dan juga masih mengisi back vocal untuk Straight Out ini mengisi female voice untuk Goodnight Electric.



Goodnight Electric sendiri memiliki ciri musik pop ringan yang dikerjakan dengan computer sound base dan synthesizer. Terinspirasi dari musisi seperti Robert Smith, Depeche Mode, Belle and Sebastian, The Human League dan The Lightning Seeds, Goodnight Electric mencoba menawarkan electronic pop untuk pendengarnya.

Goodnight Electric “Love and Turbo Action” dirilis oleh H.F.M.F records pada pertengahan bulan Desember 2004 dalam bentuk CD dengan single pertama “Am I Robot?” yang mendapat respon cukup baik di radio-radio Jakarta. Menempati peringkat satu selama 2 minggu pada indie chart Prambors FM “Nu Buzz” dan MTV Sky “Jamu” pada bulan Februari 2005. Pada bulan Maret, single kedua “The Supermarket I Am In” hingga kini masih menjadi request favorit.

Pada pertengahan bulan April, H.F.M.F records merilis kembali Goodnight Electric “Love and Turbo Action” re-package silver album dalam bentuk CD dan kaset, dengan 3 materi tambahan, yaitu remix dari The Adams, DJ Oreo dan ApeOnTheRoof.

Goodnight Electric juga telah menyelesaikan video musik “Am I Robot?” yang dikerjakan oleh rumah produksi The Jadugar, “The Supermarket I Am In” oleh Platon Theodoris yang telah tayang di beberapa stasiun TV lokal Jakarta maupun nasional, dan juga yang sedang dalam penggarapan untuk video musik “A.S.T.U.R.O.B.O.T” oleh Anggun Priambodo dan “Rocketship Goes By” oleh Cerahati.



The Band

Henry Foundation – Voice & Sequencer
Hendy Ned Robot – Synthesizer
Oom Leo – Keyboard
Rebecca – Female voice




http://www.aksararecords.com/index.php?Itemid=51&id=5&option=com_artistavenue&task=singleArtist

Blued


Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).
Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat.
Musik blues mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik populer Amerika dan Barat yang baru, seperti dapat terlihat dalam aliran ragtime, jazz, bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip-hop, dan country, serta lagu-lagu pop konvensional.

http://id.wikipedia.org/wiki/Blues

Paul Gilbert

Nama Lengkap: Paul Brandon Gilbert
Website Resmi: Paul Gilbert
Tempat/Tgl Lahir: 6 November 1966 di Carbondale Illinois - USA.
Group Band Saat Ini: Racer X Group
Band Sebelumnya: Racer X, Mr.Big
Pengaruh: Eddie Van Halen
Pendidikan: Tamatan GIT (Guitar Institute Of Technology) dan Instruktur GIT.
Gitar: Ibanez Paul Gilbert Model (PGM) Signature Series Keahlian: Alternate Picking, String Skipping, Arpeggio, dll.

Paul Gilbert merupakan salah satu dewa gitar seperti halnya Steve Vai, Yngwie, John Petrucci lainnya. Sebelumnya Paul dikenal melalui group bandnya Mr.Big, rekaman Mr.Big yang laku keras turut membesarkan nama Paul di dunia musik rock.

Paul sendiri sudah cukup mengegerkan dunia gitaris pada tahun 86-87 sebagai pemain gitar tercepat di dunia ketika Paul masih bergabung dengan group band Racer X. Teknik permainannya telah sempurna saat ia baru menginjak 17 tahun itu.

Pada usia 5 tahun (1971) Paul sudah mulai mempelajari gitarnya, 10 tahun berikutnya (1981) Paul coba mengirim demo rekamannya ke produser Mike Varney dan di luar dugaanya Mike sangat mengagumi permainannya di samping Tony Macalpine.

Pada tahun 1984 Paul pindah ke LA dan melanjutkan sekolah gitarnya ke GIT (Guitar Institute of Technology) dan kini telah menjadi instruktur sekolah gitar bergengsi ini.

Pada tahun 1986 dia bergabung dengan band pertamanya Racer X dengan album debutnya "Street Lethal ", kemudian "Second Heat" (1987) & "Live! Extreme Volume" (1988).

Pada tahun 1989 Paul meninggalkan Racer X dan bergabung dengan group band MR.BIG dengan pemain bass yang disegani "Billy Sheehan", vocalis Eric Martin dan drummer Pat Torpey.
Mereka meluncurkan album pertamanya "MR.BIG" dan MR.BIG tampil untuk pertama kalinya di Jepang pada bulan Oktober.

Selanjutnya Paul meluncurkan album berikutnya: "Live! Raw Like Sushi" (1990), "Mr Big - Lean into it" (1991), "Mr.Big - San Francisco Live" (1992), "Racer X - Live Extreme Volume 2" (1992), "Mr.Big - Bump Ahead" (1993), "Mr.Big - Live! Raw Like Sushi 2" (1994), "HEY MAN" & " The best of MR.BIG" (1996), "Hard Rock Cafe", " Live At Budokan " & solo " King of Club" (1997)
Lagu "To Be With You" (dari Album "Lean Into It") menduduki posisi pertama di majalah Billborad USA selama 3 minggu.

Pada tahun 1998 Paul tampil pertama kali di Jepang dengan solo albumnya. Paul meluncurkan album solo "Flying Dog". Tahun 1999 Paul kembali ke Jepang dan meluncurkan album solo kedua "Beehive Live" dan album ketiga Racer X "Technical Difficulties".

Tahun 2003 album Burning Organ dirilis, kali ini masuk ke label Indonesia dibawah naungan Staria Enterprise. Namun album berikutnya, Acoustic Samurai tidak lagi di Staria, melainkan berpindah ke label Variant Music. Kemudian Paul menggelar promo tur album "Spaceship One" hingga ke Indonesia. Hal ini disambut antusias oleh penggemar-penggemarnya, pasalnya banyak artis asal Amerika yang menarik diri karena takut disweeping oleh pihak-pihak tertentu.

http://id.wikipedia.org/wiki/Paul_Gilbert

billy sheehan

Billy Boy
Dari Rock ke Jazz

Nama Billy Sheehan bisa jadi barang baru untuk dunia jazz. Namun, di blantika musik rock nama bassis jangkung yang kerap dijuluki Billy Boy itu begitu masyhur dan bahkan dia menjadi senior bagi para bassis. Siapakah Billy Boy sebenarnya?

Billy Boy bukanlah sekadar bassis grup rock kondang akhir 1980-an, Mr. Big. Dia juga penggagas terbentuknya grup jazz Niacin, bersama-sama dua rekannya yang tentu sudah tak asing lagi: Dennis Chambers (drum) dan John Novello (kibor).
Bukan sesuatu yang mengherankan jika Billy banting stir ke dunia jazz, sebab di amenganggap segala jenis musik adalah baik, patut ditelusuri sekaligus dipelajari.
"Lagipula seorang musisi yang baik haru smampu memainkan segala jenis musik. Mereka tak boleh hanya terpaku pada satu jensi saja, seolah melupakan jenis musik lainnya," kata Billy Boy keapda saya, beberapa bulan silam, di suatu kesempatan istimewa.
Ironisnya, banyak musisi yang gandrung pada musik yang mereka mainkan dan menghina habis-habisan musik jenis lain.
"Itu sungguh tak masuk akal. Seorang musisi tak boleh berbuat seperti itu," tegas Billy Boy.
Billy Boy memang tipikal bassis yang haus ilmu. I atak segan-segan berguru pada dua rekannya yang sama-sama senior, Chamber dan Novello. Bahkan demi menambah pengetahuannya tentang musik jazz, laki-laki berambut pirang itu banyak-banyak membaca literatur jazz. Surfing di berbagai situs di depan layar komputer pun di alakoni dengan sabar.
Tak hanya itu, Billy Boy juga menyempatkan diri "main" ke berbagai negara yang musik tradisionalnya begitu kental. Beberapa negara di Afrika, Jepang, dan bahkan Indonesia sudah bolak-balik dikunjunginya.
Untuk Indonesia, Billy Boy mengaku begitu terpesona akan beragamnya musik tradisional. Musik khas Indonesia yang paling dia gemari adalah musik tradisional Bali. Gending-gending Jawa pun masuk dalam daftar koleksi kaset dan CD-nya. Sekitar 10 % dari total keseluruhan kaset dan CD-nya yang mencapai ribuah buah adalah hasil perburuannya di Indonesia. Perburuan itu sebagian besar dilakukan saat dia dan Mr. Big --ataupun Niacin-- manggung di Indonesia.
Apa tujuan Billy Boy mencari rekaman-rekaman tradisional? Ternyata jawabannya sederhana saja. Jazz membutuhkan banyak eksplorasi, inovasi, dan improvisasi. Bagaimana mungkin musikk jazz yang dia dan Niacin hasilkan akan berkualitas jika dia tak memiliki banyak pengetahuan soal musik jenis lain? Bukankah pembaharuan, penggalian budaya, dan pengembangan bisa bisa dengan mudah diperoleh dengan mempelajari musik tradisional?
Kembali ke personal, Billy adalah bassis andal. Dia bisa dengan mudah merubah-rubah style permainannya. Awal kariernya sebagai bassis dimuali saat dia bergabung dengan band Talas. Bersama Talas, dia sempat menelurkan tiga album. Keunikan pribadi Billy membuat David Lee Roth jatuh hati. Mantan vokalis Van Halen itu serta-merta merekrutnya, dan mereka sukses membuat dua album yang semuanya memperoleh sertifikat platinum.
Pada 1989, Billy Boy masuk dalam daftar line-up Mr. Big. Album perdana grup ini mencapai angka penjualan di atas 6 juta keping.
Bersama Niacin, kualitas Billy makin diakui. Tiga album jazz bertajuk Niaicn (1997), High Bias (1998), dan Deep (2000) menjadi saksi bisu kehebatan Billy Boy.

Steve Vai

Steve Vai (lahir: Carle Place, New York, 6 Juni 1960) adalah gitaris, penulis lagu, penyanyi dan produser yang berasal dari Amerika Serikat.

Permainannya mulai dari blues, jazz, rock sampai klasik dan ethnic music. Permainan gitarnya pun tidak terbatas pada komunitas gitar saja tetapi juga bagi orang-orang awam yang tidak mendalami gitar.
Pada umur 6 tahun, Steve mulai belajar piano. Pada umur 10 tahun, Steve mulai belajar bermain akordeon. Pada umur 13 tahun barulah Steve mulai mendalami gitar dan sejak saat itu lahirlah seorang dewa gitar yang baru.
Steve Vai mengawali karirnya dengan album debutnya Flex-Able Leftovers pada tahun 1984. Pada tahun 1990, Steve merilis album keduanya yang berjudul Passion and Warfare. Album ini mendapat pengakuan internasional dan Steve memenangkan polling pembaca majalah Guitar Player dalam 4 kategori yang berbeda. Album Steve yang ketiga berjudul Sex & Religion dirilis tahun 1993 dan album keempatnya Alien Love Secrets dirilis tahun 1995. Pada tahun 1996 album kelima Steve Fire Garden dirilis.
Tahun 1999, Steve meluncurkan album keenamnya yang berjudul Ultra Zone. Dalam album ini Steve lebih banyak memfokuskan dirinya dalam komposisi lagu dan bereksperimen dengan gitarnya. Tahun 2001 album The Seventh Song dirilis dan album ini berisi lagu-lagu slow/ballad yang pernah dirilis Steve dengan ditambah beberapa lagu baru. Dan di tahun 2001 Alive in an Ultra World pun dirilis.
Steve Vai juga pernah memproduksi 2 album Natal yang berjudul Merry Axemas Vol.1 dan Merry Axemas Vol.2, juga konser G3 bersama Joe Satriani dan Eric Johnson/Kenny Wayne Shepherd dan terakhir John Petrucci turut juga bergabung dalam G3.
Belakangan ini Steve Vai lebih memfokuskan diri bereksperimen pada permainan gitarnya dan sekarang ini band Steve Vai ditambah seorang pemain bass yang sudah tidak asing lagi buat fans-fans rock tahun 80-an, Billy Sheehan.

Keajaiban Angka 19


Di bulan Ramadhan ini, aku sempat bingung, mau membahas apa ya untuk blogku ini. Aku ingin sekali menyajikan sesuatu yang lain yang topiknya sedikit banyak cocok untuk bulan Ramadhan ini. Ya, saya ingin sekali menayangkan artikel yang sedikit unik, yang jarang ditemui, yang tidak hanya tips-tips menghadapi puasa atau juga mengenai do’s and don’ts during Ramadhan, karena saya lihat sudah banyak para rekan blogger yang menulis tentang itu dengan baik sekali. Setelah melalui lautan Google yang luas mengenai hal-hal agama Islam, yang sayangnya kebanyakan lautan tersebut berbahasa Inggris dan Perancis (karena lautan yang berbahasa Indonesia mengenai agama Islam masih kalah jauh luasnya dibandingkan lautan dalam kedua bahasa tersebut, aneh tapi nyata!), dan setelah hampir saya kecapekan dalam melayari lautan Google tersebut, namun sesuai dengan sifat saya yang tidak mudah menyerah, akhirnya saya menemukan satu topik bahasan yang agak unik! Apakah itu?
Tadinya judul di atas mau saya beri judul ‘Keajaiban Numeris dalam Al-Qurân’, ya, salah satu hal yang paling saya suka di dalam topik agama adalah jikalau dikaitkan dengan sains. Karena saya sendiri pada dasarnya adalah orang yang suka dengan sains meskipun saya bukan seorang scientist. Mengenai mengapa saya suka sains, mudah-mudahan (Insha Allah) akan saya utarakan kapan-kapan. Ok, mari kita kembali ke topik di atas. Tadinya saya mau menamai topik artikel ini dengan judul seperti di awal paragraf ini (yang dicetak tebal), namun karena banyak sekali artikel mengenai keajaiban-keajaiban numeris dalam Al-Qurân di banyak sekali situs-situs berbahasa Inggris dan Perancis di antaranya yang ini, iniini dan ini, serta masih banyak lagi! Maka saya sempitkan topiknya menjadi ‘Keajaiban 19 dalam Qurân’ saja. (Keajaiban numeris dalam Al-Qurân bukan hanya dalam angka 19 saja). Jikalau anda ingin membaca bahasan keajaiban numeris lainnya, silahkan anda cari sendiri di Google.
Sekarang mari kita mulai dengan menghitung jumlah huruf basmallah di atas: Mudah bukan? bâ-sîn-mîm-alîf-lâm-lâm-hâ-alîf-lâm-râ’-hâ-mîm-nûn-alîf-lâm-râ’-hâ-yâ’-mîm. Ya, semuanya berjumlah 19. Sekarang mari kita bermain-main dengan angka 19 ini, ok? Bagi anda yang bisa bahasa Perancis, silahkan bisa langsung lihat di sini! Yang nggak bisa, saya akan mengutarakannya beberapa untuk anda!
  • Kita mengetahui bahwa Basmallah di atas, barusan kita hitung mempunyai 19 huruf.
  • Sekarang, Al-Qurân mempunyai 114 surah, yang berarti tepat 19 X 6, yang berarti 114 adalah kelipatan 19.
  • Nah, Al-Qurân mempunyai 114 surah, sekarang kita coba jumlahkan angka 1 hingga 114 yaitu (1+2+3+…+114), untuk mempercepat bisa pakai rumus \frac{N^{2} + N}{2} kalau angkanya dimasukkan maka akan menjadi \frac{114^{2} + 114}{2} = 6555. Nah, 6555 ini juga kelipatan 19! Karena jika 6555 dibagi 19 adalah persis 345.
  • Basmallah disebutkan 114 kali dalam Al-Qurân, walaupun basmallah tidak disebutkan dalam surah ke-9 (At-Taubah), namun basmallah disebutkan dua kali dalam surah ke-27 (An-Naml), dan lagi-lagi 114 adalah kelipatan 19!
  • Nah, di antara Basmallah yang hilang atau tidak disebutkan di Surah ke-9, hingga terdapat adanya ekstra Basmallah di surah ke-27, ternyata tepat terdapat…… 19 surah! (Surah kesembilan juga dihitung karena Basmallah yang hilang berada di awal surah).
  • Nah, ini dia!, ajaibnya coba sekarang kita jumlahkan angka 9 hingga 27 (9+10+11+…+27), biar cepat mencarinya dapat menggunakan rumus: S_n = \frac{1}{2} n [ 2a + (n-1) b] , jadinya, \frac{1}{2} 19 [2\times\:9\:+\:(19-1)1] jumlahnya adalah 342!, lagi-lagi kelipatan 19!!!!!
  • Nah, ternyata angka 342 ini adalah jumlah kata yang terdapat antara dua Basmallah di surah ke-27 (Surah An-Naml)! Silahkan hitung sendiri! :D
  • Bukan itu saja! Kalau kita perhatikan, basmallah ekstra yang muncul di surah ke-27 itu berada di ayat 30. Nah, sekarang kita jumlahkan surah dan ayatnya ternyata berjumlah 57, yang lagi-lagi kelipatan 19!
  • Menurut situs bahasa Perancis yang saya baca itu (saya percaya aja deh! :D , yang nggak percaya silahkan cari sendiri ya!) di dalam seluruh Qurân, disebutkan 30 angka-angka yang berbeda yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 19, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80, 99, 100, 200, 300, 1000, 2000, 3000, 5000, 50.000, dan 100.000. Kalau dijumlahkan semua angka tersebut akan berjumlah 162.146, yang kalau dibagi 19 adalah persis 8534. Ini menunjukkan lagi-lagi 162.146 adalah kelipatan 19!
  • Bukan itu saja di dalam Qurân juga disebutkan 8 buah bilangan pecahan: yaitu \frac{1}{10} , \frac{1}{8} , \frac{1}{6} , \frac{1}{5} , \frac{1}{4} , \frac{1}{3} , \frac{1}{2} , \frac{2}{3} , nah kalau angka 30 dan angka 8 yang berwarna merah di atas dijumlahkan, maka jumlahnya adalah 38, yang lagi-lagi kelipatan 19!
Nah, masih banyak lagi sebenarnya keajaiban-keajaiban numeris lainnya dalam Al-Qurân, bukan hanya yang menyangkut angka 19, tetapi juga keajaiban-keajaiban numeris lainnya. Keajaiban-keajaiban numeris tersebut fungsinya adalah sebagai salah satu  alat pengendali dalam Qurân, agar setiap distorsi yang dilakukan terhadap Al-Qurân oleh fihak-fihak yang tidak bertanggungjawab akan dapat dengan mudah terlihat!

Masa Kejayaan Islam Di Eropa

Setelah kekuasaan Kekhalifahan Umayyah yang berpusat di Damaskus digulingkan Bani Abbasiyah pada 750 M, dinasti itu tak sepenuhnya terbenam. Lima tahun setelah runtuhnya Umayyah yang berpusat di Damaskus, Suriah, Abdurrahman I yang bergelar Al-Dakhil berhasil mendirikan Kekhalifahan Umayyah baru di daratan Eropa.

Kekhalifahan baru ini bahkan mampu mengimbangi kejayaan Dinasti Abbasiyah, khususnya dalam bidang sains dan teknologi. Kemilau sains dan teknologi di wilayah kekuasaan Dinasti Umayyah Andalusia berawal dari zaman kekuasaan Abdurrahman Al-Aushat. Menurut Ahmad Syalabi, Abdurrahman Al-Aushat dikenal sebagai pemimpin yang cinta ilmu pengetahuan.

Sebagai Amir yang berkuasa di Cordoba.ibu kota pemerintahan Umayyah Spanyol.Al-Aushat mengundang para ahli dari dunia Islam untuk bertandang ke negeri yang dipimpinnya. Sejak itulah, aktivitas ilmu pengetahuan mulai menggeliat di Spanyol Mus lim. Sains dan teknologi kian berkembang pesat ketika Dinasti Umayyah di Spanyol dipimpin Abdurrahman III yang bergelar An-Nasir.

Ia adalah penguasa pertama di Spanyol yang mendeklarasikan diri sebagai Khalifah pada 929 M. Pada periode inilah peradaban Islam di Spanyol berhasil mengimbangi, bahkan menyaingi kehebatan Kekhalifahan Abbasiyah yang berpusat di kota Baghdad, Irak. Spanyol pun menjelma menjadi negara yang subur dan makmur di masa kekuasaan Dinasti Umayyah.

Pada masa kepemimpinan Abdurrahman III, di pusat pemerintahan berdiri Universitas Cordoba. Menurut Sejarawan Said Al-Andalusi, sang Khalifah juga mendirikan perpustakaan megah dengan koleksi buku yang sangat melimpah. Ia menempatkan para sarjana kedokteran dan ilmu pengetahuan lainnya dalam posisi yang tinggi serta terhormat.

Saat itu, kota Cordoba dikenal se ba gai salah satu pu sat ilmu kedokteran dan filsafat berpengaruh di dunia, setelah Baghdad. Du kungan para penguasa itu telah mendorong ilmu pengetahuan serta teknologi berkembang begitu pesat di Kekhalifahan Umayyah Spanyol.

Sederet ilmuwan penting dan terkemuka bermunculan di Spanyol Muslim. Mereka mengembangkan beragam ilmu pengetahuan, seperti astologi, astronomi, kedokteran, anatomi, optik, farmakologi, psikologi, ilmu bedah, zoologi, biologi, botani, mineralogi, metalurgi, sosiologi, hidrostatik, filsafat, puisi, musik, navigasi, sejarah, arsitektur, geografi, fisika, matematika, serta kimia. Inilah beberapa bidang ilmu pengetahuan yang menonjol di masa keja yaan Kekha li fahan Umayyah di Spanyol:

Filsafat
Filsafat berkembang pe sat di era Dinasti Umay yah Spanyol. Hal itu ditandai dengan munculnya aliran filsafat yang didirikan Ibnu Rushd (1126-1198). Averroes.begitu ia kerap dipanggil di Barat.mengembangkan aliran filsafat sekuler. Bahkan, dia dipandang sebagai bapak aliran filsafat sekuler di Eropa. Buah pikirnya sangat berpengaruh di Eropa Barat. Dia adalah filsuf yang mengembangkan konsep eeksistensi mendahului esensife. Filsuf lainnya yang terkenal di Andalusia adalah Ibnu Tufail.

Astronomi
Astronomi mencapai puncak kejayaan di era Kekhalifahan Umayyah Spanyol, pada abad ke-11 dan 12 M. Ibnu Haitham

Senin, 18 Januari 2010

Misteri Badminton


Tidak ada cabang olahraga yang memiliki banyak tanda tanya seperti bulutangkis. Sejarah awalnya, terutama dari mana cabang itu berasal, misalnya. Orang hanya mengenal nama badminton berasal dari nama sebuah rumah (kalau menurut ukuran Indonesia, sebuah istana) di kawasan Gloucestershire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London, Inggris. Badminton House, demikian nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya yang sekarang. Di bangunan tersebut, sang pemilik, Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga tersebut. Akan tetapi, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat.


Yang kemudian menjadi tanda tanya adalah di Inggris ataukah di India mula-mula permainan seperti yang sekarang dilakukan? Bukti-bukti menunjukkan di Indialah mula-mula peraturan permainan olahraga ini ditulis. Ini terjadi tahun 1870-an.

Juga tanda tanya besar bagaimana nama permainan ini berubah dari battledore menjadi badminton. Nama asal permainan dua orang yang menepak bola ke depan (forehand) atau ke belakang (backhand) selama mungkin ini tadinya battledore. Asal mula permainan battledore dengan menggunakan shuttlecock (kok) sendiri juga misteri. Dulu orang menggunakan penepak dari kayu (bat). Dua orang menepak “burung” itu ke depan dan ke belakang selama mungkin. Permainan macam ini sudah dilakukan kanak-kanak dan orang dewasa lebih dari 2000 tahun lalu di India, Jepang, Siam (Thailand), Yunani dan Cina. Di kawasan terakhir ini dimainkan lebih banyak dengan dengan kaki. Di Inggris ditemukan ukiran kayu abad pertengahan yang memuat gambar anak-anak sedang menendang-nendang shuttlecock.

Pada abad ke-l6 permainan semacam itu terkenal diantara anak-anak. Pada abad berikutnya, permainan yang biasa disebut juga jeu de volant ini menjadi pengisi acara saat-saat luang di banyak negara Eropa. Kadang-kadang dimainkan oleh satu orang yang memukul-mukul atau menepak-nepak kok itu ke atas, dengan satu atau dua penepak kayu. Sebuah permainan lain yang hampir sama featherball (dengan bola dari kulit ayam yang lunak) dimainkan di Denmark, Jerman, Perancis, dan Swedia.

Permainan menggunakan kok memang mempunyai daya tarik tersendiri. Jika ditepak atau dipukul keatas maka begitu "jatuh" (menurun) kok akan melambat,

Sherlock Holmes


Sherlock Holmes adalah detektif fiktif berkebangsaan Inggris ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Ia biasanya ditemani rekannya Dr. Watson dalam petualangannya. Ia terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus.


Sherlock Holmes menyebut dirinya "detektif konsultan", orang yang dimintai tolong dalam suatu kasus ketika kasus tersebut dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain; kita bahkan sering mendengar bahwa dia dapat memecahkan suatu kasus tanpa harus meninggalkan rumahnya. Ia sangat handal dalam menyelesaikan kasus-kasus yang tidak biasa dengan menggunakan kemampuan analisisnya yang luar biasa, dan sering juga menunjukkan kemampuannya ini kepada klien barunya dengan membuat analisis langsung tentang pribadi atau hal-hal yang baru saja dilakukan sang klien. Strategi ini, tentu saja, tidak pernah gagal mencengangkan dan membuat kliennya percaya akan kemampuannya.

Sir Arthur Conan Doyle mendasarkan penciptaan Holmes atas gurunya di Fakultas Kedokteran Universitas Edinburgh, seorang ahli bedah yang sangat berbakat dan juga detektif forensik Joseph Bell, yang mana ilmu forensik menjadi ilmu baru pada waktu itu. "Holmes" dinamakan atas Oliver Wendell Holmes yang sangat dikagumi oleh Conan Doyle, dan atas atlet kriket Inggris yang bernama Sherlock.

Sherlock Holmes tinggal di 221B Baker Street sejak tahun 1881 di mana ia menghabiskan tahun-tahunnya bersama rekannya, dr. John H. Watson, yang dengan siapa ia berbagi kamar selama beberapa waktu sampai Watson menikah dengan Mary Morstan pada tahun 1890. Induk semangnya adalah seorang wanita Skotlandia bernama Mrs. Hudson.

Dalam sebagian besar cerita Holmes ditemani oleh dr. Watson, yang bukan hanya rekannya, tapi juga merupakan penulisnya. Kebanyakan cerita Holmes diceritakan oleh dr. Watson, tentang penyelesaiannya dalam masalah kriminal; di cerita-cerita selanjutnya, Holmes mengkritik Watson atas tulisannya karena Watson menulisnya seperti cerita biasa dan bukannya penjelasan ilmiah.

Holmes mempunyai seorang kakak, Mycroft Holmes, yang muncul di 3 cerita, Penterjemah Yunani, Kasus Terakhir, dan Rencana Bruce-Partington.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sherlock_Holmes

Mengenai Naruto

Naruto adalah manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.


Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Japan oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia, anime Naruto ditayangkan oleh Global TV setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 18.30. Dua episode berurutan ditayangkan sekaligus, sehingga durasi penayangan menjadi satu jam. Trans TV juga pernah menayangkan anime Naruto dan sempat diulang hingga beberapa kali. Indosiar juga akan menayangkan Naruto, namun tidak dari awal melainkan langsung ke Naruto Season 4.

Perkembangan dan popularitas

Sekarang Naruto adalah manga yang paling terkenal dan naik daun di seluruh dunia. Sejak awal penerbitannya, Naruto telah memancing permunculan ribuan situs fan yang berisi informasi rinci, panduan, dan forum internet tentang manga ini. Beberapa situs terkenal muncul setelah versi Inggrisnya diterbitkan pada bulan Agustus 2003. Selain itu, muncul pula situs-situs yang menyediakan pindaian manga versi Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun Indonesia

Tentang Kaka


Ricardo Izecson dos Santos Leite (lahir di Brasília, 22 April 1982; umur 27 tahun), lebih dikenal dengan nama Kaká, adalah seorang pemain sepak bola asal Brasil yang kini membela klub Real Madrid (bergabung tahun 2009; sebelumnya pada 2003-2009 di A.C. Milan). Kaká umumnya bermain di posisi gelandang serang ataupun penyerang. Ia dikenal mempunyai dribble yang sangat baik serta umpan-umpan yang akurat. Tinggi badannya ialah 186 cm.


Kaká menandatangani kontrak dengan São Paulo pada usia 15 tahun dan memimpin tim juniornya pada kemenangan ‘Copa de Juvenil’. Ia memulai debutnya di São Paulo FC tahun 2001 ketika di berusia 18 tahun. Pada musim pertama, ia mengoleksi 12 gol dalam 27 pertandingan dan 10 gol dalam 22 pertandingan di musim berikut. Pada usia 17 tahun, ketika ia masih dalam tim junior, Sao Paulo berniat menjual Kaká ke tim dari Liga divisi 1 Turki, Gaziantepspor. Transaksi tidak terjadi, karena manajer Gaziantepspor, Nurullah Sağlam, dan dewan pengurus tim itu menolak untuk membayar $1.5m untuk pemuda 17 tahun itu. Setelah bergabung dengan tim senior São Paulo FC, penampilan Kaká menarik perhatian klub-klub Eropa.

Dia bergabung dengan AC Milan dengan bayaran US $8.5 m, jumlah yang dianggap sedikit oleh pemilik klub Silvio Berlusconi. Dalam sebulan, ia telah masuk ke dalam tim utama

Sekilas Mengenai Lionel Messi


Lionel Andrés Messi (lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 22 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Argentina. Posisinya adalah penyerang. Saat ini ia memperkuat FC Barcelona di La Liga (Liga Spanyol). Kemampuannya sering membuatnya dijuluki sebagai "Diego Maradona baru".

Pada awalnya pemain bertinggi badan 169 cm ini beraksi di klub Grandoli, klub asuhan Jorge Messi yang tak lain adalah ayahnya Messi. Kemudian ia beralih ke Newell's Old Boys. Namun klub ini tidak sanggup membayar biaya terapi hormon yang mencapai 500.000 pounds perbulannya. Untunglah Barcelona segera menangkap potensi hebat Leo Messi dan menawarinya pindah ke Spanyol untuk bergabung bersama klub Katalan ini plus membiayai seluruh biaya terapi.

"Saya hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk yakin bahwa dia memang seorang bintang masa depan." ucap pelatih Barcelona B kala itu, Carles Rexach. "Sepanjang karir saya selama 40 tahun, tak pernah saya melihat seorang pemain yang benar-benar bertalenta. seseorang dengan pengetahuan sepak bola minim pun akan bisa menyadari kemampuan hebat messi."

Bakatnya menarik perhatian dunia sewaktu beraksi bersama tim nasional sepak bola Argentina di Piala Dunia Remaja dan Barcelona pada tahun 2005. Pada tahun 2006 dia berhasil membantu Barcelona sebelum mengalami cedera dalam perlawanan perempatfinal menentang Chelsea di Liga Champions. Messi yang mempunyai tubuh yang agak kecil ini sangat lincah di atas lapangan dan kerap membuka ruang kepada rekan-rekannya yang memburu gol.

fungsi casing

Fungsi Casing

Setelah suatu pemboran minyak dan gas bumi mencapai kedalaman tertentu, maka kedalaman sumur tersebut perlu dipasang casing yang kemudian dilanjutkan dengan proses penyemanan. Casing merupakan suatu pipa baja yang berfungsi antara lain : Mencegah gugurnya dinding sumur, menutup zona bertekanan abnormal, zona lost dan sebagainya. Tujuan utama dari perencanaan casing adalah mendapatkan rangkaian casing yang cukup kuat untuk melindungi sumur baik selama pemboran maupun produksi dengan biaya yang murah. Beberapa fungsi casing adalah sebagai berikut :

Mencegah Gugurnya Dinding Sumur

Pada lapisan batuan yang tidak terkonsolidasi dengan baik, maka pada saat pemboran menembus lapisan tersebut dapat menyebabkan terjadinya pembesaran pada lubang bor. Pembesaran pada lubang bor ini adalah akibat runtuhnya dinding sumur, lebih jauh apabila lapisan lunak ini berselang-seling dengan lapisan keras maka akan memberikan efek pembelokan terhadap drill string.



Mencegah Terkontaminasinya Air Tanah Oleh Lumpur Pemboran



Dalam suatu pemboran, untuk mengimbangi tekanan formasi digunakan lumpur pemboran yang memiliki densitas tertentu. Lumpur pemboran ini akan memberikan/mengimbangi tekanan hidrostatik dari formasi

Well Completion



Well Completion sering disebut juga Penyelesaian Sumur yaitu merupakan pekerjaan lanjutan dari proses pelaksanaan pemboran sumur. Sebagian dari para tenaga ahli perminyakan berpendapat bahwa pekerjaan “Well Completion” dimulai setelah pekerjaan-pekerjaan tersebut dibawah ini selesai, yaitu :


1.Pemboran sumur telah mencapai TD (Total Depth).

2.Casing Produksi telah dipasang dan disemen, atau Casing liner telah terpasang dengan disemen atau tidak disemen.

3.Casing Produksi telah terhubung dan terpasang dengan Well Head.



Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan penyelesaian sumur –sumur :

1.Investasi yang diperlukan

2.Jumlah / kecepatan produksi yang diinginkan

Sistem Kontrol



ACCUMULATOR UNIT


Saat awal mulai terjadi well kick adalah merupakan saat kritis yang memerlukan tindakan yang cepat, untuk menghindari membesarnya kick dan membesarnya semburan agar tidak terjadi semburan liar maka diperlukan suatu unit pengendali (PSL control system) yang dapat menyediakan tenaga hidrolik yang terus menerus (otomatis) dapat cepat, mudah, aman dan praktis untuk menutup pencegah semburan liar. Unit peralatan ini di industri pemboran disebut accumulator unit atau closing unit.Disebut accumulator unit karena cairan hidrolik dikumpulkan (accumulates) atau ditimbun di dalam lubang baja di bawah tekanan tinggi dan siap untuk dipakai. Disebut closing unit karena sistem mempunyai fungsi utama untuk menutup (closed) PSL pada saat kick.



Komponen Utama dari Accumulator Unit

1.Botol-botol accumulator, berisi cairan hidrolik yang disimpan dalam keadaan bertekanan tinggi bersama gas nitrogen terkompresi sehingga cairan hidrolik dapat cepat mengalir untuk dipergunakan.

2.Pompa bertekanan tinggi yang dilengkapi dengan hydraulic pressure switch otomatis, sehingga pompa dapat mengisi accumulator setiap saat apabila hidrolik di accumulator turun dan dikembalikan sampai sebesar tekanan kerja accumulator.

3.Control manifold yang terdiri dari valve-valve, pressure regulator mengatur tekanan dan aliran dari cairan hidrolik ke masing-masing PSL.

4.Bejana penampung cairan hidrolik dengan tekanan sama dengan udara luar.

Pengujian BOP Stack

Pelaksanan Uji Tekanan BOP Stack adalah sebagai berikut :

1.Peralatan yang dipakai untuk uji BOP adalah tester plug, tester cup, pompa rig dan hydrolik tester unit.
2.Tester plug dipasang pada pipa bor dan diturunkan ke dalam lubang hingga duduk pada casing head spool.
3.Isi lubang dengan fluida berupa air sampai penuh melalui saluran pengisian lubang dengan menggunakan pompa rig.
4.Buka salah satu dari 2 buah valve 2” yang ada pada casing head spool. Hal ini bertujuan agar pada saat melakukan test BOP bila tester plug bocor maka fluida dapat keluar melalui valve 2” tersebut sehingga tekanan tidak akan membebani casing.
5.Buka HCR valve 4” dan tutup adjustable choke.
6.Tutup annular BOP.
7.Sambungkan hose yang ada pada hydrolik tester unit dengan pressure gauge yang terpasang pada saluran pengisian lubang di stand pipe manifold.
8.Tekan BOP dengan tekanan sebesar 500 psi (low pressure) dan tahan selama 10 menit. Periksa kebocoran pada BOP stack. Lihat chart yang ada pada tester unit.
9.Bila baik, naikkan tekanan pengetesan secara bertahap hingga maksimum 70% dari tekanan kerja BOP stack dan tahan selama 10 – 15 menit.
10.Periksa kebocoran pada BOP stack dan lihat chart yang ada pada tester unit.
11.Bila baik, buang tekanan secara perlahan-lahan melalui saluran buang.
12.Bila pressure gauge sudah menunjukkan angka 0 psi maka buka annular BOP.
13.Dilanjutkan dengan pengujian Back Pressure Manifold.
14.Buka adjustable choke dan semua valve yang ada pada BPM kecuali valve yang menuju ke flare, separator dan mud pit harus tertutup.
15.Isi lubang dan BPM dengan fluida berupa air sampai penuh melalui saluran pengisian lubang dengan menggunakan pompa rig.
16.Lakukan langkah-langkah seperti no 7 sampai 12 diatas.

Untuk melakukan pengujian pada pipe ram BOP langkah – langkahnya sama dengan pengujian yang dilakukan pada annular BOP, namun BOP yang ditutup adalah pipe ram BOP.



Sedangkan untuk melakukan pengujian blind ram langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
1.Tester plug dipasang pada pipa bor dan diturunkan ke dalam lubang hingga duduk pada casing head spool.

Pahat Pemboran (Drilling Bit)


Kegunaan Pahat Bor

Untuk mendapatkan kedalaman yang diharapkan diperlukan suatu alat yang letaknya di ujung rangkaian pipa pemboran dinamakan mata bor atau bit. Mata bor atau bit adalah alat yang terpasang di ujung paling bawah dari rangkaian pipa yang langsung berhadapan dengan formasi atau batuan yang di bor. Adanya putaran dan beban yang diperoleh dari rangkaian pipa bor diatasnya, akan menyebabkan mata bor itu menghancurkan batuan yang terletak dibawah sehingga akan menembus semakin dalam bebatuan tersebut. Lumpur yang disirkulasikan akan keluar melalui mata bor dan menyemprotkan langsung kebatuan yang sedang dihancurkan di dasar lubang bor. Semprotan ini akan ikut membantu menghancurkan batuan-batuan itu. Batuan yang disemprot oleh Lumpur tadi akan lebih mudah lagi dihancurkan oleh mata bor, sehingga dengan demikian akan diperoleh laju pemboran yang lebih cepat.


Jenis Pahat

Ada tiga macam mata bor jika dilihat dari jenis batuan yang dibor, yaitu :
Mata bor untuk batuan lunak , bentuk gigi panjang dan langsing.
Mata bor untuk batuan sedang, bentuk gigi agak pendek dan tebal.
Mata bor untuk batuan keras, bentuk gigi pendek dan tebal.


Berdasarkan structure pemotong (cutter) dan bantalannya dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Wing Bit
Dipergunakan untuk dilapisan permukaan, umumnya dipakai pada lubang-lubang besar untuk stove pipe yang dalamnya berkisar atara 0 – 30m. Ukuran pahat tersebut biasanya 36 inchi.


Roller Cone
Pahat roller cone biasa dipakai untuk lapisan lunak sampai lapisan keras.


Diamond
Pahat Diamond merupakan sejenis bahan yang mempunyai kekerasan yang sama dengan intan (intan industri) dipakai apabila pahat biasa sudah tidak dapat menembus formasi, umumnya untuk lapisan-lapisan yang keras.


Dari ketiga macam jenis pahat tersebut yang terbanyak dipergunakan adalah jenis Roller Cone.


Pahat roller cone yang biasa dipakai di buat oleh beberapa pabrik yaitu ;

Hughes
Reed
Varel
Smith
Security

Roller Cone dibagi juga dengan klasifikasi dan kekerasan pahat itu sendiri yaitu dengan no. code misalnya untuk yang soft IADC code : 111, 114 ( International Assosiation Drilling Code ).Kekerasan pahat disesuaikan dengan formasi yang akan dilaluinya misalnya : soft to medium, medium to hard, untuk mempermudah mengenal apakah pahat itu untuk formasi lunak, sedang dank eras maka yang perlu diperhatikan adalah bentuk gigi pahat tersebut.


Pemilihan Pahat
Didalam pemilihan pahat adalah, Pahat yang dipergunakan untuk mengebor formasi tertentu, tergantung pada kekerasan batuan dari formasi tersebut. Pahat yang dipakai untuk mengebor batuan lunak tidak dapat berfungsi dengan baik bila dipakai untuk mengebor batuan sedang atau batuan keras.Pengetahuan tentang pemilihan pahat untuk mengoptimasikan pemboran tidak seluruhnya teoritas, tetapi dalam banyak hal pemilihan ini tergantung pada pengalaman-pengalaman yang didapat dalam pemboran didaerah yang sudah diketahui atau dikenal.Hasil pemilihan pahat ini sangat penting karena menyangkut :Biaya dari pahat.

Rig cost
Round trip / cabut masuk.Dari ketiga biaya ini barulah dapat menghitung operation cost ( biaya operasi).

Dalam pemboran harus dicatat kemajuan pemboran serta memeriksa serbuk bor yang keluar untuk mengetahui kekerasan dari formasi yang akan ditembus. Semua data yang dicatat pada saat pemboran berlangsung sangat penting karena menyangkut waktu dan biaya, juga sebagai data bila dilakukan pemboran ulang ditempat yang sama. Pemilihan pahat yang tidak sesuai akan memakan waktu yang lama sehingga pahat harus dicabut dan diganti. Untuk daerah-daerah yang baru biasa disebut daerah Eksplorasi ketelitian pemilihan pahat sangat diperlukan dan perlu dilakukan study pemakaian pahat yaitu dengan meneliti kemungkinan bergantinya lapisan formasi dari laju pemboran maupun dari serbuk-serbuk bor (cutting) yang keluar terbawa Lumpur bor.Dari hasil ini perlu melihat data-data dari pahat itu sendiri berupa beban yang diizinkan untuk pahat tersebut, kemudian berapa putaran pipa atau string yang diperbolehkan. Semua petunjuk mengenai pahat yang akan dipakai haruslah sesuai bila kita ingin mencapai laju pemboran yang kita inginkan.


Beban pada pahat
Beban yang diberikan terhadap pahat merupakan factor yang sangat penting, yaitu dimana saat pahat mulai bekerja ( bor ) maka beban pahat mulai dinaikan perlahan-lahan dengan melihat laju dengan bertambahnya beban yang diberikan pada pahat. Dari beban pahat kemudian perlu mengetahui kecepatan putar ( RPM ).


Kecepatan Putar
Laju pemboran akan meningkat dengan kenaikan kecepatan putar secara exponential.Dari pemakaian pahat bor ( drilling bit ) yang perlu diperhatikan bahwa setiap barang mempunyai umur tertentu demikian juga pahat bor ( bit life ).


Keausan pada gigi pahat dan bantalan pahat.
Disamping umur dari pahat juga tertentu, maka keausan gigi dan bantalan pahat perlu diperhatikan. Contoh yang perlu diperhatikan pada saat operasi pemboran berlangsung, dengan menurunnya laju pemboran maupun sering adanya torque ( torsi ) pada saat mengebor.Dalam pemakaian pahat untuk mengebor batuan maka gigi pahat dan bantalan akan menjadi aus, laju keausan dari gigi pahat dan bantalan tersebut tergantung kepada type batuan, beban pada pahat ( WOB ), kecepatan putar ( RPM ) dan sifat-sifat Lumpur pemboran.Untuk mengoptimasikan pemboran maka pahat tersebut harus dicabut dan diganti sesuai dengan kekerasan dari lapisan yang akan ditembus. Melanjutkan pemboran dengan gigi-gigi pahat yang telah aus akan meninggikan biaya pemboran, disamping kemungkinan terlepasnya gigi pahat / cone sangat besar.Hal ini sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi pekerjaan tambahan diluar program kerja.


Contoh : Bila pahat terlepas (cone) dan tertinggal didalam lubang bor maka untuk melanjutkan pemboran yang tertinggal didalam lubang harus diambil(dibersihkan) terlebih dahulu, bila tidak pemboran tidak dapat dilanjutkan karena akan menghambat laju pemboran dan kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat meninggikan Cost akan terjadi. Untuk melanjutkan pemboran dengan benda-benda yang tertinggal di lubang bor mungkin dapat dihancurkan, tetapi memerlukan waktu yang lama bila dibandingkan dengan mengambil (fishing job)kemudian dilanjutkan bor.Kemungkian lain adalah masih adanya kendala karena lubang tidak bersih dari hasil serbuk bor yang tidak hancur. Dari pekerjaan-pekerjaan tambahan ini, kita kehilangan waktu yang mengakibatkan naiknya biaya operasi.


Umur Pahat
Perlu diingatkan bahwa ketahanan suatu barang juga tidak terlepas dari umur barang itu sendiri, demikian juga dengan pahat bor (Drilling bit). Drilling bit pun kita kenal mempunyai umur pahat( bit life ) yaitu : jumlah jam pengoperasian pahat hingga ia tidak dapat melanjutkan pemboran dengan cost/foot yang rendah . Umur dari pahat tersebut tergantung dari beberapa faktor :

Beban pada pahat ( WOB )
Kecepatan putar ( RPM )
Karateristik dari batuan
Hydrolika
Optimum cost/foot

Dengan memakai WOB dan RPM yang lebih besar, pahat akan menjadi aus lebih cepat ; umurnya akan lebih pendek. Demikianpun dengan bit hydraulic yang tidak cukup akan mempertinggi laju keausan pahat , yang selanjutnya akan lebih memperpendek umur pahat.


Rumus yang dipakai untuk mengoptimasikan umur pahat dalam bentuk biaya per foot adalah : C / F = ( Cb + Ct + Cd + Cc + Cr ) / bit footage

Dimana :

C / F = Cost per foot
Cb = Harga pahat
Ct = Biaya tripping
Cd = Down time cost
Cc = Connection Cost
Cr = Rotating Cost

Untuk menentukan kapan pahat akan diganti harus dipakai angka C/F yang terendah .


Salah satu penyebab dari laju pemboran disamping penentuan pahat yang sesuai juga tergantung dari nozzle yang kita pakai pada pahat.


Pemakaian nozzle
Dari pemakaian nozzle yang tepat ( dihitung ) dapat menaikkan laju pemboran sebesar 15 – 40 %, juga tidak terlepas dari bit hydraulic yang dihasilkan oleh lumpur melalui nozzle tersebut . Dalam pelaksanaan pemboran sebelum pahat dimasukkan kedalam lubang bor, yang perlu diperhatikan adalah :Catat ukuran pahatNo. Serie / IADC CodePeriksa kondisi pahatUkuran nozzle dan kelengkapannyaPenyambungan pada pipa bor harus memakai bit breaker dengan torque yang disarankan .


KERUSAKAN PAHAT
Bit life tidak selamanya menjadi patokan untuk tripping ( ganti pahat ) tetapi hanya sebagai Guide ( Penuntun ) dari pahat itu. Kapan kita harus mengganti pahat tidak perlu menunggu sampai habis umur pahat itu, tetapi tergantung dari kecepatan mengebor ( ROP ).Ini sangat perlu diperhatikan karena semuanya menyangkut biaya. Dalam pengalaman kadang - kadang pahat yang seharusnya bisa mengebor diatas 50 jam ( bit life ) ternyata baru 6 jam tidak ada kemajuan, ini harus segera diganti, kemudian perlu diteliti apa penyebabnya.Penyebabnya yang sering terjadi adalah :

1. Rusaknya pahat ; terutama
a. Coneb.
b.Gigic.
c.Bearing
2. Tidak cocoknya type pahat dengan formasi yang ditembus
3. Kejatuhan barang dalam lubang bor sehingga menghambat laju pemboran.

Dari kerusakan - kerusakan pada pahat bisa terjadi pada gigi pahat, cone & bearing.


Contoh kerusakan adalah :Cone pecah, Gigi pahat pecah/patah, Balled Up, Cone Cracked (pecah),Cone Dragged (Salah satu cone atau lebih)tidak bisa berputar, Erosion, Lost Cone, Lost Nozzle, Lost Teeth, Wash Out Bit.

Ukuran - ukuran pahat yang biasa dipakai :
Pahat 36” untuk pipa selubung 30”
Pahat 26” untuk pipa selubung 20”
Pahat 17. 1/2" untuk pahat selubung 13. 3/8”
Pahat 12. 1/4” untuk pipa selubung 9. 5/8”
Pahat 8. 1/2” untuk selubung 7”
Pahat 6” untuk pipa selubung 4.1/2”


Jenis Well Head dan Sambungannya


Tekanan yang bisa ditahan oleh setiap Well Head tergantung dari jenis sambungan karena bagian sambungan merupakan titik paling lemah, oleh karena itu jenis well head dibagi berdasarkan rating tekanan kerja dan sambungannya.

1. Low Pressure Well Head – Tread ConnectedMerupakan wellhead dengan rating tekanan kerja rendah antara 3000 – 5000 psi dan sambnngannya menggunakan tread.

2. Flanged Low and Medium pressure Well HeadAPI Flanged well head yang mempunyai rating tekanan kerja antara 2000 – 5.000 psi.

3. High Pressure Well Head FlangedWell Head dengan tekanan kerja diatas 5000 psi dimana tekanan kerjanya adalah 10.000 psi, 15.000 psi dan 20.000 psi. Dimensi falang, ring seal dan komponen lainnya sesiau dengan standard API yang biasa disebut BX flane

4. Clamped Connected High Pressure Well HeadDidisain untuk rating tekanan diatas 5000 psi dan sambungannya menggunakan klem, dimana mempunyai tujuan : a. Disain dan penggunaan perlatan permukaan yang lebih kecil yaitu blow out preventer, well head dan Chrismast tree. b. Disain dan penggunaan remote control untuk control peralatan sub sea. Karena baut flanged tidak praktis untuk penyelaman laut dalam. Pada saat ini ada dua disain dari sambungan jenis clamped yang dibuat olleh Comeron dan Gray.

Jenis - Jemis Chistmas Tree


CHRISTMAS TREE MENURUT API DEFINISI CHRISTMAS TREE ADALAH MERUPAKAN RANGKAIAN DARI VALVE DAN FITTING YANG DIGUNAKAN UNTUK KONTROL PRODUKSI DAN DISAMBUNGKAN DENGAN BAGIAN ATAS TUBING HEAD.

FUNGSI LAIN DARI X”MAS TREE ADALAH :
a. mengontrol laju produksi
b. start-up dan shut down
c. memonitor reservoir
d. melakukan workover

JENIS-JENIS CHRISTMAS TREE
1. CHRISTMAS TREE KONVENSIONAL – SAMBUNGAN MENGGUNAKAN FLANGE Jenis x”mas tree ini mempunyai tekanan operasi sampai dengan 10.000 psi dan memiliki katup yang dioperasikan secara manual dan sebagia pengaman digunakan wing valve.

2. CHRISTMAS TREE KONVENSIONAL – SAMBUNGAN MENGGUNAKAN CLAMPED. Oleh karena X’mas tree dengan tekanan operasi 10.000 dan 15.000 psi sangat tebal dan masif maka clamp conector biasanya digunakan untuk kemudahan transportasi dan kemudahan penanganan.

3. UNITIZED CHRIStMAS TREE ( BLOK TUNGGAL) X’Mas Tree single casting (di cor satu blok) yang dilengkapi dengan peralatan utamanya digunakan untuk sumur dengan tekanan menengah.

4. BLOCK CHRIStMAS TREE Pada platform offshore dimana terdapat banyak x’mas tree pada satu dek-nya maka ruang merupakan hal penting. Suatu pengembangan dari UNITIZED CHRISTMAS TREE dinamakan BLOCK CHRISTMAS TREE, yang mana memiliki semua bagian utama dari suatu X’mast tree yang digabung dalam satu blok termasuk master valve.

5. SEA CHRISTMAS TREE X’mas Tree yang didesain untuk komplesi di dasar laut dengan menggunakan floating vessel yang digunakan untuk penempatan secara otomatis, penyambungan flowline, pengoperasian katup dan pengendalian dengan menggunakan remote control.

BAGIAN –BAGIAN DARI CHRIStMAS TREE :
1. TUBING MASTER VALVE Merupakan jenis Manual gate valve yang merupakan valve induk yang berfungsi untuk mengatur aliran dari dasar sumur.

2. TUBING VALVE Merupakan manual gate valve yang dioperasikan lebih sering bila dibandingkan dengan tubing master valve, misalnya seperti operasi wire line, penutupan untuk waktu yang lamaatau perbaikan-perbaikan dikepala sumur.

3. WING VALVE. Manual gate valve yang digunakan untuk operasi penutupan dan pembukaan secara normal sehingga valve ini paling sering mengalami kerusakan.

4. CHECK VALVE Berfungsi untuk mencegah aliran balik dari flow line ke sumur.

5. SWAB VALVE ATAU TOP VALVE Manual gate valve yang dibuka untuk membiarkan tekanan fluida mencapai top adapter untuk membaca tekanan, mengambil sample fluida dan juga untuk lewatnya wireline unit.

6. CHOKES / BEAN / PENYEMPIT Alat pengatur laju alir fluida produksi

7. SAFETY VALVE berfungsi untuk melindungi peralatan bila terjadi over atau low pressure.

http://lout-de-chevalier.blogspot.com/2009/11/well-head.html

Cara Kerja Kompresor Torak


Jika suatu gas didalam sebuah ruangan tertutup diperkecil volumenya, maka gas/udara akan mengalami kompresi. Suatu mesin kerja yang menggunakan azas ini disebut kompresor jenis perpindahan (displacement).

Cara kerjanya adalah sebagai berikut, jika torak ditarik ke atas, tekanan didalam silender dibawah torak menjadi negatif (lebih kecil dari tekanan atmosfir) sehingga udara akan masuk melalui celah katup hisap. Katup hisap yang terpasang pada ujung torak terbuat dari bahan yang elastis, berfungsi sebagai perapat torak. Kemudian torak ditekan kebawah sehingga volume udara menjadi kecil dan tekanannya naik. Katup hisap akan tertutup dengan merapatkan celah antara torak dan dinding silinder. Jika torak ditekan terus volume akan semakin kecil dan tekanan didalam silinder akan naik.

Kompresor udara biasanya menghisap udara dari atmosfir, namun ada pula yang menghisap udara atau gas yang bertekanan lebih tinggi dari tekanan atmosfir. Dalam hal ini kompresor bekerja sebagai penguat (booster). Sebaliknya ada pula kompresor yang menhisap gas yang bertekanan lebih rendah dari pada tekanan atmosfir. Dalam hal ini kompresor disebut pompa vakum.

Penggunaan udara bertekanan (compressed air) didalam industri sangat luas sekali seperti penggerak instrumen, penggerak bor, artificial gas lift, dan lain sebagainya

SOP (Standard Operating Procedure) Pig Launcher & Pig Receiver

1. Tutup valve A dan C.
2. Kosongkan tabung dan ablas barrel, buka valve D kemudian E.
3. Jika tekanan sudah 0, masukkan pig melalui clossure dan dorong kedekat A.
4. Tutup clossure dan valve D, valve E masih dibiarkan terbuka.
5. Buka valve A, luncurkan pig dengan langkah di nomor 6-8.
6. Tutup valve B separuh agar aliran dibelakang pig naik, tutup lagi B sampai 75% sampai pig meluncur dari pig trap menuju pipa utama. Perhatikan signal.
7. Catat waktu saat pig meluncur.
8. Saat pig sudah meluncur, buka valve B 100%, kemudian tutup valve A dan C.

Tutup valve pembuangan D dan isi tabung penerimaan dengan membuka valve C secara perlahan-lahan sehingga udara keluar melalui valve E.


1. Tutup valve E dan buka valve C 100% sehingga tekanan seimbang antara dalam barrel dengan dalam main line.

2. Sementara C masih terbuka, buka valve A dan Tee (titik X).

3. Jika pig sudah tiba catat waktunya dan kemungkinan pig masih berhenti diantara valve A dan tee (titik X).
4. Tutup valve B sebesar 50%, ini akan mendorong pig masuk kedalam tabung, karena aliran akan semakin banyak melalui valve A.
5. Jika pig sudah berada dalam trap dengan melihat tanda signal, buka valve B penuh 100%, tutup valve A dan C.
6. Buka valve D dan E sehingga tekanan dalam tabung 0 psi.
7. Buka clossure dan keluarkan pig.
8. Tutup clossure rapat-rapat.

http://www.migas.web.id/perpipaan/sop-standard-operating-procedure-pig-launcher-pig-receiver/

Kandungan Uap Air dalam Sweet Gas


Sweet gas adalah gas bumi yang kandungan gas asamnya (CO2 , H2S) rendah (<>

Hubungan antara kandungan uap air maksimum pada berbagai suhu dan tekanan gas dapat dilihat pada grafik Grafik 2.2. Sedangkan grafik 2.2.A menunjukkan kandungan uap air maksimum yang dikoreksi faktor komposisi gas yang dinyatakan dalam relative density dan juga koreksi terhadap salinitas.
Dari grafik terlihat bahwa pada tekanan yang sama apabila suhu gas turun maka kandungan uap air maksimumnya semakin kecil. Hal ini berarti bila gas mengalami pendinginan sehingga suhunya dibawah suhu dew pointnya maka akan terjadi pelepasan uap air dari gas dan akan terbentuk air bebas (free water) . Suhu gas pada saat kandungan uap airnya maksimum disebut water dew point.

Proses Pemisahan Gas


Secara umum daam waktu yang relatif pendek, sumur gas banyak menghasilkan gas alam murni. Selebihnya sewaktu aliran gas hidrokarbon dipenuhi oleh campuran dari beberapa H-C, dalam jumlah yang terbatas, termasuk juga dalam bentuk uap atau cairan dan lainnya. Terkadang partikel padatan dan lainnya campuran juga terdapat dalam lapangan gas. Produksi aliran gas menjadi tidak stabil (tersendat-sendat) dengan komponen atau senyawa dengan kecepatan tinggi yang dapat berubah bentuk dalam kondisi tekanan dan suhu tnggi menuju ke permukaan tanah. Oleh karena itu pengambilan senyawa atau partikel ikutan menjadi sangat penting dengan proses pemisahan (separation) atau metoda lainnya.

Operasi pemisahan cairan dalam gas atau gas dalam cairan melibatkan separator dan stabilizer sehingga menjadi produk yang laku jual. Pada umumnya Gas Intermediate dalam bentuk cairan mempunyai harga yang tinggi, segingga dapat ditetapkan bahwa perlu pemanfaatan secara maksimal cairan gas alam tersebut.
Proses Pengolahan pemisahan gas pada umumnya disertai :

1. Operasi pemisahan gas dan cairan untuk mengambil cairan : Crude Oil, HC condensate , air dan partikel padatan yang terikut.

2. Pemanfaatan dan pengambilan uap H-C yang dapat dikondensasikan. Langkah pemisahan awal pada suhu yang rendah banyak dipergunakan.

3. Pencucian gas dan minyak setelah proses pemisahan.

4. Proses gas dehydration dipergunakan untuk mengambil gas yang terkondensasi bersama dengan uap air yang mungkin terdapat dan membentuk hydrate dalam kondisi operasi.

5. Proses pengambilan komponen lain yang tidak diinginkan, seperti H2S, senyawa sulfur lain serta CO2.

http://www.migas.web.id/migas/proses-pemisahan-gas/

Macam-Macam Meter Gas

Alat untuk mengukur volume fluida (gas) dengan tidak mengganggu aliran fluida tersebut. Alat ukur dimana pembeli dan penjual sepakat mengadakan transaksi.
Macam-macam Meter

1. Turbine Meter
Meter yang memakai putaran impeller (rotor) untuk mengukur berapa volume gas yang melewati meter tersebut.
Turbin meter yang digunakan sebaiknya mengacu pada standard AGA Report No.7 dan seluruh meter & Corrector harus di Kalibrasi dan mendapatkan sertifikat.
Turbin Meter ini dipasang di konsumen yang memakai gas relatif besar (Industri)

2. Orifice Meter
Meter yang menggunakan perbedaan tekanan ( differential pressure ) antara pelat orifice sebagai basis untuk menentukan volume fluida (gas) yang melewati meter.
Orifice meter yang digunakan adalah type orifice plat dan harus sesuai dengan AGA Report No.3, harus di kalibrasi dan mendapatkan sertifikat.
Meter jenis ini biasanya dipasang pada Stasiun Penerima (Off-take Station), Konsumen yang menggunakan gas dalam jumlah besar.
Perhitungan aliran Orifice Meter sesuai dengan AGA No. 3.

3. Diaphragm Meter
Meter yang menggunakan diafragma yang lentur dengan susunan seperti hembusan untuk mengukur volume fluida (gas) yang melewati meter.
Pada umumnya Meter jenis ini dipasang di konsumen yang memakai gas relatif kecil ( Rumah Tangga )

4. Positive Displacement Meter
Disebut Juga RPD = Rotary Positive Displacement ( atau Meter Delta Rotary Meter )
a. Meter yang dapat mengukur secara langsung volume fluida (gas) yang melewati meter tersebut
b. Meter yang dipakai untuk mengukur volume fluida (gas) dengan cara mengisi dan mengeluarkan fluida dari ruang meter.

5. Rotary Displacement Mter
Meter yang memakai putaran baling-baling, matching gear, atau pergesaran baling-baling yang membuat gas-tight contact dengan dinding meter.
Umumnya dipasang di konsumen yang menggunakan gas dalam jumlah sedang (Pelanggan Komersial).

6. Venturi Meter
Meter yang menggunakan perbedaan tekanan statis antara bagian tempat masuk meter dengan kerongkongan (throat ) venturi sebagai basis untuk menentukan volume fluida (gas) yang melewati meter.